Habbatussauda: Solusi Problem Kesehatan Jamaah Calon Haji

Ibadah haji merupakan kegiatan massal, mobil dan bergerak cepat dalam waktu terbatas. Pada saat musim haji akan terkumpul sekitar 3 juta orang sekaligus di kota Mekkah dan Medinah yang kotanya relatif tidak terlalu besar.
Salah satu faktor penting dalam suksesnya ibadah haji adalah situasi kesehatan yang tetap terjaga baik. Fakta yang ditemui di lapangan, ada beberapa problem besar penyakit yang menjadi penyebab banyaknya kematian jamaah haji Indonesia. Data Siskohat menunjukkan, sistem sirkulasi menjadi penyebab terbesar kematian jamaah. Setelah itu sistem pernapasan, faktor darah dan organ pembuluh darah menduduki peringkat tiga, lalu Endoktrin nutrisi. Menurut pemeriksaan hasil klinik di Saudi, penyebab selanjutnya adalah sistem pencernaan , neoplasma, trauma, keracunan, dan akibat eksternal, seperti infeksi dan parasit genitourinary Sehingga urutannya :
1. Sistem sirkulasi (Jantung, pembuluh darah dlsb)
2. Sistem pernafasan.
3. Faktor darah dan organ pembuluh darah.
4. Sistem Pencernaan
5. Neoplasma.
6. Trauma.
7. Keracunan.
8. Akibat Eksternal (infeksi, parasit genitourinary)

Sementara itu, jenis penyakit yang banyak diderita jemaah haji kita sehari-hari antara lain keluhan batuk pilek, THT, penyakit otot dan tulang, penyakit saluran cerna, penyakit dada, penyakit paru, jantung, kulit dan lain lain.
Berbagai penyakit dan kematian yang dijumpai sering bermula dari kelelahan yang berlebihan, kurang makan minum dan Sengatan panas yang ada. Kalau tubuh sudah lelah dan kekurangan cairan dari makanan, maka segala bentuk penyakit akan dengan mudah datang, termasuk memburuknya penyakit yang memang telah dibawa dan tanah air.
Khusus tentang keluhan batuk, memang banyak sekali diderita para jemaah. Bahkan ada anekdot yang mengatakan bahwa hanya ontalah yang tidak batuk. Keluhan batuk ini dapat dimengerti antara lain karena debu yang beterbangan dan keringnya udara yang masuk ke saluran nafas.

Habbatusauda
Habatussauda adalah biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nigella Sativa, nama latin dari habbatus sauda', sudah dikenal sejak zaman yunani kuno.
Nabi SAW pun pernah berpesan agar kita menggunakan bahan ini untuk menjaga kesehatan ayakni dengan sabdanya :
"Konsumsilah Habbatus Sauda. Sesungguhnya padanya terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian." (HR Bukhari)

Khasiat Habbatussauda':
1. Meningkatkan Fungsi kekebalan tubuh (imunitas) terhadap penyakit. (U.S Patents Sections, Antiviral Agents Buletin #5,482,711)
2. Menstimulasi sumsum tulang dan sel imun, melindungi sel normal melawan virus, sel-sel tumor, dan memacu produksi sel Limposit B. (Cancer Immunobiology Laboratory, South Carolina, USA)
3. Habbatussauda mempunyai peranan penting dalam penyembuhan kanker, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. (Saudi Pharmaceutical Journal tahun 1993 oleh Dr. Basil Ali dan rekan-rekannya dari College of Medicine, King Faisal University)
4. Habbatussauda memiliki aktifitas Antibiotik (Pakistan Journal Pharmacy) dan aktifitas Antihistamin/antialergi, dengan kandungan Cristaline nigellone (Study Nirmal chakravarty,M.D), juga mempunyai aktifitas Antimycotic (anti jamur), antioxidant, dan Bronchodilating effect (anti asma) (Study Blackseed Oil on Human, American scientist)
5. Habbatussauda terbukti dapat melawan kanker dengan aktifitas Anti-Angiogenic (International Immunobiology Research Laboratory, South Carolina, USA)
6. Menurunkan kadar Gula darah pada penderita Hiperglikemi/Diabetes (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo)
7. Menurunkan kadar Kholesterol darah pada penderita Hipercholesterolemia (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo)
8. Memiliki khasiat Haemopoetic, anti anemia agent (Institute of Indigenous Medicine, University of Colombo)
9. Memiliki aktifitas Hipotensive (menurunkan Tekanan Darah Tinggi) (Al Tahir)
10. Memiliki aktifitas Antiradang (Pharmacology Research Laboratories, Departement of Pharmacy, Kings College, London)
11. Efek Antibiotiknya berkhasiat melawan kuman E.coli (penyebab diare), E.histolytica (Penyebab Amoebiasis), M.pyogenes (penyebab abses/bisul), B.subtilis, D.pneumoniae (penyebab radang Paru), Sal.typhi & paratyphi (penyebab Typhus), Shigella boydi,sonnie dan Sh.dysentriae (penyebab Dysentry), B.anthracis (penyebab penyakit anthrax), Staph.albus, Staph.aureus (penyebab macam-macam infeksi dan radang) (Barghava and Chauhan and Agarwal et.al) Vibrio cholera (penyebab kolera) (Ferdous et.al)
12. Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Nigella merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Nigella juga memperbaiki peredaran darah ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
13. Habbatussauda memiliki efek farmakologi dalam melindungi ginjal dan hepar (liver). Penelitian juga mengungkap khasiat antiradang, analgesik, antipiretik, antimikroba dan antikanker dari serbuk maupun minyak habbatussauda. Minyak Habbatussauda diteliti dapat menurunkan tekanan darah & meningkatkan respirasi. Uji pada tikus menunjukkan habbat dapat meningkatkan Hb dan komponen sel darah. Serta mengurangi konsentrasi kolesterol, trigliserid dan glukosa dalam plasma darah. Riset ini menunjukkan juga bahwa toxicitas habbatussauda sangat rendah. Dan tidak berefek samping ke liver maupun ginjal. (Ali BH, Blunden G. Department of Veterinary Medicine, King Saud University, Buraydah, Al Gaseem 81999, Saudi Arabia)

Melihat khasiat dan kegunaan Habbatussauda yang sedemikian lengkap, maka tidaklah berlebihan jika Habbatussaauda dapat dijadikan solusi kesehatan yang paripurna bagi jamaah haji. Apalagi ibadah haji merupakan satu perjalanan ibadah, yang akan lebih sempurna jika solusi problemnya diambil dari perintah nabi langsung, yakni dengan mengkonsumsi Habbatussauda.

Saran Sehat agar Ibadah Haji Lancar :
1. Persiapkan vitalitas fisik sedari awal, yakni dari tanah air. Misalnya dengan mengontrol tekanan darah, cek laboratorium darah, dlsb.
2. Untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, konsumsilah Habbatussauda setidaknya 3x3 kapsul sejak keberangkatan dari tanah air hingga kepulangannya lagi ke tanah air.
3. Di Tanah Suci, minumlah air setidaknya 3 liter atau 15 gelas, untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Jangan minum karena menunggu haus. Haus atau tidak haus minumlah yang banyak.
4. Jaga makanan untuk menjaga agar energi tersedia cukup untuk proses manasik.
5. Istirahat cukup, agar tidak mengalami kelelahan yang tidak perlu manakala proses manasik sedang berjalan.
6. Konsultasikan dengan dokter pendamping haji, jika mengalami gangguan kesehatan, untuk mendapatkan penanganan segera.

Sumber: www.habbatsonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar