Keamanan Pemakaian Habbatussauda Dosis Tinggi

Oleh: dr. Insan

Banyak pertanyaan muncul dan ditaanyakan perihal keamanan dan toksisitas dari penggunaan Habbatussauda. Apalagi pada kasus-kasus tertentu pemakaian habbatussauda disarankan dengan penggunaan dosis yang cukup besar. Satu misal pada kasus kanker, dosis yang dianjurkan adalah 20 hingga 40 gram untuk BB 70 kg per hari. Berarti itu setara dengan setidaknya 40 hingga 80 kapsul per hari.
Untuk menjawab petanyaan tersebut kami kutipkan satu hasil penelitian berkaitan dengan tingkat keamanan konsumsi habbatussauda yang dimuat dalam satu tulisan yang berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa, yang diterbitkan dalam Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004. Review ini disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan. Dalam tulisan itu disebutkan :

Tidak ditemukan gejala keracunan akut dalam penggunaan Habbatussauda secara oral hingga dosis tinggi sebesar 25 gram/Kg BB.

Dengan demikian, jika berat badan pengkonsumsi Habbatussauda 50 Kg, setidaknya hingga dosis 50x25 gram atau 1250 gram, atau 1,25 Kg belum dijumpai gejala keracunan yang membahayakan.
Jika satu kapsul habbatussauda beratnya 500 mg 0,5 gram, dosis 1250 gram itu setara dengan sekitar 2500 kapsul sekali minum. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keamanan dosis konsumsi habbatussauda sangatlah lebar. Sehingga jika dalam sehari dikonsumsi 40 hingga 80 kapsul, hal tersebut sangatlah aman.
Mengapa dosis yang dibutuhkan sangat banyak? Hal ini tak lain dikarenakan bentuk sediaan habbatussauda yang ada di pasaran, terutama yang serbuk atau kapsul, masih menggunakan bentuk sederhana/simplisia. Beda halnya jika sediaan tersebut diubah dalam bentuk ekstrak, maka dosis atau jumlah kapsul yang dikonsumsi akan lebih sedikit.

www.habbatsonline.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar